Perancangan Media Pembelajaran Video Pintar Berbasis Linktree untuk Kemahiran Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Efrida Sihombing Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Harry Andheska Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Legi Elfitra Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i3.60

Keywords:

video pintar, Linktree, cerita fantasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menguji validitas serta kepraktisan media pembelajaran berbasis Linktree dalam bentuk video pintar untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bintan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development), yang mencakup tahap definisi, perancangan, dan pengembangan. Media ini diterapkan pada siswa dalam dua kondisi, yaitu kelompok kecil (5 orang) dan kelompok besar (27 orang), setelah divalidasi oleh ahli materi dan media. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, kuesioner validitas media, dan kuesioner kepraktisan media, dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini sangat valid, dengan persentase validasi ahli materi sebesar 98,8% dan ahli media sebesar 89%. Selain itu, media ini juga sangat praktis, dengan persentase uji coba kelompok kecil sebesar 84% dan kelompok besar sebesar 85%. Dengan demikian, media ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis cerita fantasi.

References

Arifin, M. B., & Wardani, Y. A. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Narasi pada Siswa Kelas VII SMP. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(4), 373-384.

Fitriani, F., Muzakkir, M., Astuti, E. R. P., Jayadi, A., & Gunawan, S. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Linktree dan Microsoft Kaizala untuk Menunjang Pembelajaran Daring bagi Guru. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 839.

Hendratno, H. Pengembangan Media Videoscribe untuk Keterampilan Menyimak Cerita Fantasi Kelas IV Sekolah Dasar.

Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargebang II Kota Bekasi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 33-38.

Istiqomah, I., Agustito, D., Sulistyowati, F., Yuliani, R., & Irsyad, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Community Empowerment, 6(3), 464-471.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.

Wahyuningsih, E. (2022). Pengembangan Media Cerpen Digital Menggunakan Menengah Pertama. 1, 66–71.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Sihombing, E., Andheska, H., & Elfitra, L. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Video Pintar Berbasis Linktree untuk Kemahiran Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(3), 12–23. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i3.60

Issue

Section

Articles